Pernah mengalami drama saat melakukan packing sebelum bepergian ke suatu tempat? Saatnya untuk mencari tahu 15 tips packing yang perlu diketahui Semua traveller. Dengan mengetahui tips packing paling inti, diharapkan traveler akan terhindar dari drama saat berkemas, mulai dari kesulitan menyeleksi barang bawaan hingga menghindari risiko overload bagasi.

Tips packing umum:

1. Sebisa mungkin, gunakan tas ukuran kabin. Lebih baik jika bisa membawa backpack saja. Semakin kecil tas yang kamu gunakan, semakin kecil risikomu mengalami overload bagasi. Kamu juga akan dipaksa untuk menyeleksi barang bawaan supaya bisa muat dalam tas tersebut, dan akhirnya terbiasa membawa barang-barang penting saja.

2. Buat daftar barang apa saja yang akan dibawa. Fokuslah untuk membawa barang yang penting-penting saja, kecuali jika kamu akan pergi ke daerah pedalaman yang jauh dari mana-mana.

3. Jejerkan seluruh barang yang akan dibawa, dan singkirkan separuhnya.

4. Manfaatkan ziplock, compression bag, maupun travel bag organizer untuk mengemas barang bawaan dengan lebih praktis. Benda-benda tersebut juga membantu memaksimalkan penggunaan ruang dalam tas, serta menjadi wadah kedap air bagi barang bawaan.

5. Bawa toiletries dalam kemasan travel.

6. Hindari membawa banyak barang dengan membeli apa yang bisa dibeli di lokasi traveling.

7. Saat menyiapkan alas kaki yang akan dibawa, cukup membawa dua macam alas kaki: sepatu untuk jalan-jalan dan sandal jepit; kecuali jika Anda akan melakukan kegiatan yang membutuhkan alas kaki khusus, seperti hiking atau menghadiri acara formal.

Tips packing pakaian:

1. Jelilah dalam memilih pakaian yang akan dibawa. Utamakan membawa pakaian dengan warna-warna netral yang mudah dipadupadankan sehingga tidak membosankan.

2. Masih bingung memilih baju favorit yang akan dibawa? Utamakan memilih baju yang bahannya ringan, mudah dicuci, tidak mudah kusut, dan cepat kering. Jangan lupa tanyakan lagi apakah Anda betul-betul membutuhkan pakaian itu atau tidak?

3. Tips lainnya untuk menyeleksi pakaian yang akan dibawa: selama apapun Anda bepergian, bawalah pakaian maksimal untuk 7 hari saja. Jangan malas untuk mencuci baju selama traveling.

4. Tetap ingin tampil gaya saat liburan tanpa harus membawa banyak baju? Bawalah beberapa aksesoris seperti kalung dan gelang.

5. Bawa bermacam-macam syal, scarf atau topi untuk mengubah penampilan. Syal dan scarf juga bisa membantu menghangatkan badan, terutama jika kamu mengenakan pakaian tipis dan tidak membawa jaket.

6. Pertimbangkan juga untuk membawa kain pantai atau sarung minimal satu buah. Kain pantai atau sarung bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, mulai dari menutupi pakaian yang terlalu terbuka, hingga menjadi selimut darurat.

7. Jika cuaca tidak terlalu dingin, hindari membawa jaket atau mantel tebal. Lebih baik mengenakan beberapa lapis pakaian dibanding membawa satu jaket tebal.

8. Kemas pakaian dengan cara digulung untuk menghemat tempat.

Selain 15 tips packing yang perlu diketahui semua traveler yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa barang lain yang bisa kamu bawa. Misalnya saja:

1. Jangan lupa juga membawa karet gelang secukupnya. Walau kecil dan terlihat remeh, karet gelang bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari mengikat beberapa baju menjadi satu sehingga lebih hemat, menjadi karet cadangan untuk mengikat rambut, hingga bermanfaat sebagai alat bantu dalam keadaan darurat.

2. Jangan lupa juga membawa colokan listrik multi tipe, terutama jika kamu bepergian ke negara lain yang menggunakan model colokan berbeda dengan yang biasa ditemukan di Indonesia.

 

Nah… semudah itu lho kalau mau packing. Sekarang kita di mana mau ke mana? Yuk Gaaas….

About the author

bloggerjepara