Kehidupan masyarakat modern saat ini yang cenderung bebas dan bisa berbuat semaunya membuat beberapa orang berpikir tentang masa depan mereka. Masa depan saat mereka sudah memiliki keluarga dengan banyak tanggung jawab yang besar terhadap keluarga. Kesibukan bekerja dengan target membuat banyak orang kesehatannya mudah turun.

tips menentukan asuransi kesehatan yang bagusPola hidup dan gaya hidup masyarakat ini membuat mereka berpikir bagaimana caranya agar apa yang saat ini dilakukan bisa menjamin kehidupan dan kesehatan keluarganya. Banyak bermunculan asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dll yang memiliki standart berbeda-beda setiap perusahaannya. Tetapi saat ini masih menjadi prioritas masyarakat Indonesia adalah Asuransi Kesehatan. Sebagai masyarakat umum kita kadang kebingungan memilih asuransi kesehatan yang bagus untuk sendiri maupun keluarga.
Berikut ini Kriteria Asuransi Kesehatan yang Bagus :

1. Cashless
Cashless yaitu metode klaim yang pembayarannya menggunakan seperti kartu ATM saja. Jadi keluarga atau si pasien cukup menggesekkan kartunya saja untuk pembayaran dan semua sudah terpenuhi. Hanya saja jika menggunakan Cashless harus di Rumah Sakit yang sudah bekerjasama dengan perusahaan asuransi anda.

2. Jaringan Rumah Sakit yang Luas
Jaringan Rumah Sakit yang Luas maksudnya perusahaan asuransi yang anda ikuti ini memiliki kerjasama dengan banyak rumah sakit besar dan baik di daerah anda, lebih baik jika di seluruh Indonesia pun juga bekerjasama. Jadi saat kita dimanapun merasa aman karena semua sudah di tanggung

3. Plafond and Premi sesuai Kebutuhan dan Kemampuan
Idealnya plafond asuransi kesehatan yang dipilih sesuai keinginan dan kemampuan kita. Jika skema yang diambil lebih rendah, saat nanti dirawat inap, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menutupi kekurangan yang tidak dijamin asuransi. Jadi sebaiknya pengambilan Plafond dan Premi disesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri, jangan samoai memberatkan anda sendiri untuk pembayaran preminya.

asuransi kesehatan

4. Asuransi Kesehatan Murni
Pilihlah asuransi kesehatan yang berdiri sendiri, bukan merupakan rider asuransi jiwa unit-link. Kenapa? Karena Mahal. Dalam unit-link, premi akan dibagi untuk asuransi jiwa, investasi dan baru asuransi kesehatan sehingga porsi untuk kersehatan menjadi kecil.
Dalam asuransi murni, premi diperuntukkan semata – mata untuk pertanggungan biaya kesehatan, sehingga premi menjadi lebih murah dan otomatis nilai pertanggungan menjadi lebih tinggi.

5. Prioritaskan Rawat Inap
Biaya kesehatan biasanya mencakup rawat jalan dan rawat inap. Sebaiknya fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena biasanya rawat inap merupakan biaya yang paling besar dibutuhkan daripada rawat jalan. Jika merasa perlu, bisa mengambil tambahan asuransi rawat jalan.

6. Masa Tunggu Penyakit
Asuransi kesehatan beberapa mensyaratkan masa tunggu, beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal masa berlaku asuransi. Misalnya, Cigna menetapkan penyakit berikut baru bisa diklaim 12 bulan kemudian, yaitu asthma; TBC (Tuberculosis); batu ginjal, saluran kemih dan kandung kemih; darah tinggi (hipertensi), jantung dan pembuluh darah; Kencing manis (Diabetes Mellitus); Vertigo; dan lain – lain. Tanyakan ke pihak asuransi penyakit apa yang masuk masa tunggu dan berapa lama.

Pentingnya kesehatan dan mahalnya biaya berobat membuat asuransi yang memproteksi biaya ini adalah bagian penting dalam setiap perencanaan keuangan keluarga. Apalagi jika tidak ada fasilitas kesehatan dari tempat bekerja. Pastikan memilih asuransi kesehatan yang bagus dan paling sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keluarga seperti asuransi kesehatan yang bagus AIA Hospital Surgical Plus. Semoga informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

Sumber foto dari pixabay

About the author

bloggerjepara

5 Comments