Masjid Riudhotul Mu’minin adalah salah satu masjid Jami’ di Desa Bawu, tepatnya Bawu Buyaran. Lokasinya pas berada di tengah-tengah desa, dekat jalan raya.

Di dekat masjid ini banyak sekali sekolah. Ada MIN Bawu, MTsN Pecangaan di Bawu, MAN Bawu, sampai sekolah SMP baru.

masjid bawu2

Mungkin ada yang bertanya kenapa posisi masjid agak miring. Sebenarnya bukan masjid saja, tapi hampir setiap bangunan di Desa Bawu Buyaran tidak akan lurus. Ketika pondasinya dibuat lurus, maka akan buyar. Jadilah nama buyaran.

Dulu banyak sekali yang menyebut masjid ini dengan Masjid Lorong Waktu. Saat Masjid ini direnovasi bertepatan dengan sinetron Ramadhan Lorong Waktu. Dan dari segi bangunan sendiri, warna hijau, pilar, menara masjid ini memang mirip seperti yang ada di sinetron tersebut.

Kurang lebih sepuluh tahun lalu, ada beberapa Kyai yang sering mengimami Masjid ini. Ada KH. M Dalhar dan KH. Nasukha. Lalu ada Muadzin dengan suara merdunya bernama Pak Rukhan. Sayangnya beliau-beliau yang luar biasa ini telah kembali ke rahmat-Nya.

masjid bawu

Oh iya, di Masjid ini juga pernah diadakan acara pengajian Habib Syeh yang saat itu popular di Jepara. Banyak orang yang datang, tumpah sampai macet di mana-mana.

Banyak sekali kenangan yang tersimpan di masjid ini. Kadang saya menyempatkan diri untuk singgah di sana. Bukan untuk tidur tapi untuk ibadah tentunya.

^ji

About the author

bloggerjepara

3 Comments