0

Wisata Kulon Progo Gunung Ijo

Wisata Gunung Ijo - Kulon Progo Jogjakarta - YouTube - wisata kulon progo gunung ijo

9 Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Hits 9 yang Wajib

9 Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Hits 9 yang Wajib | wisata kulon progo gunung ijo

Wisata Gunung Ijo - Kulon Progo Jogjakarta - YouTube - wisata kulon progo gunung ijo

PERBUKITAN Menoreh terkenal sebab panorama alam yang begitu menawan, diperbanyak kesejukan dan keadaan pegunungan yang nyaman. Salah satu objek wisata minat eksklusif yang jangan dilewatkan yakni Ekowisata Taman Sungai Mudal yang sedang di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo yang sekarang tengah menjadi pesona tersendiri untuk wisatawan.

 

Ekowisata Taman Sungai Mudal menawarkan wisata petualangan menyeluruh menjelajahi Sungai Mudal, merasakan taman sungai dengan tumbuh-tumbuhan langka ditambah ragam permainan sampai wisata edukasi untuk pengunjung.

Wisata Gunung Ijo, Cara Asik Menikmati Kulon Progo Dari Atas  - wisata kulon progo gunung ijo

Sungai Mudal asyik guna bermain air (Fira Nurfiani)

Mata Air Mudal terletak di perbatasan Pedukuhan Gunungkelir dan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kulonprogo, DIY. Ekowisata ini pada tadinya merupakan pekerjaan rutin dari masyarakat Pedukuhan Banyunganti, terutama RW 05 dan sekitarnya mulai mula 2011 kemudian berupa gerakan kesucian mata air dan bantaran wilayah aliran sungai Mudal.

Gunung Ijo Ini Kabarnya Jadi Lokasi Nengok Gunung dan Danau

Gunung Ijo Ini Kabarnya Jadi Lokasi Nengok Gunung dan Danau | wisata kulon progo gunung ijo

Namun sesudah mata air Mudal dan bantaran sungai kelihatan bersih dan bebas sampah, munculah gagasan tokoh masyarakat mengajak menciptakan tempat itu sebagai tujuan wisata berupa taman sungai yang bertujuan  supaya kebersihan sungai dan kelestarian lingkungan tetap terjaga.

Ekowisata ini di samping ditanami tumbuhan hias dan khas laksana pisang semar, anggrek, pakis dan sebagainya pun dilengkapi dengan sekian banyak fasilitas penyokong yang akan meningkatkan kenyamanan pengunjung. Fasilitas itu antara lain lokasi duduk dari bambu, musala, lokasi tinggal payung, lokasi tinggal pohon, lokasi tinggal panggung, empang pemandian alami dan warung-warung yang teratur rapi.

Sungai yang bersih menjadi pesona tersendiri dari Sungai Mudal (Fira Nurfiani)

Di sisi beda mata air Mudal ada lorong yang konon adalah saluran irigasi yang airnya bisa mengaliri sawah di sekitarnya dinamai Klenting. Bahkan mata air itu masih mendukung dan menjadi sumber air bersih untuk warga sekitarnya sebab mengalir sepanjang tahun. Di samping mata air Mudal selama 95 meter ada air terjun Mudal. Setelah air terjun ada jeram-jeram dan lubuk antara beda Bendung Pule, Kedung Wong, Kedung Luweng, Kedung Dowo, Kedung Rempelas, Kedung Awar-awar dan Kedung Kedoya.

Dalam kedung Kedoya diciptakan embung sebagai arena berenang dan mandi untuk pengunjung Ekowisata Taman Sungai mudal dilengkapi sendang yang diciptakan kolam untuk anak-anak dengan kedalaman 1 meter dan empang dewasa dengan kedalaman 2 meter.

Wisata Gunung Ijo, Cara Asik Menikmati Kulon Progo Dari Atas

Wisata Gunung Ijo, Cara Asik Menikmati Kulon Progo Dari Atas | wisata kulon progo gunung ijo

Di atas mata air Mudal ada pula tebing yang dinamakan Watu Wayang oleh penduduk setempat, sebab menyerupai kelir wayang dengan hamparan datar batu kapur di Gunung Kelir. Konon di tebing yang dapat menampung 100 orang ini ada gambar wayang. Di tebing tersebut pun muncul ratusan kera ekor panjang bergelantungan  mencari santap buah dan dedaunan.

Berdasarkan keterangan dari Pengelola Ekowisata Taman Sungai Mudal, Rudi Hastaryo, potensi yang dipunyai ekowisata ini paling beranekaragam mulai dari tumbuhan maupun faunanya. Ditambah keanehan sungainya yang bening dan mengalir sepanjang tahun yang menyegarkan dibungkus taman yang bernuansa hijau zamrud.

Pengujung melulu dikenakan ongkos masuk Rp 5.000 perorang dan ongkos parkir Rp 2.000 permotor serta Rp 3.000 permobil untuk dapat menjelajahi dan berpetualang di Ekowisata Taman Sungai Mudal.

Taman Sungai Mudal juga sesuai untuk wisata petualangan (Fira Nurfiani)

“Ekowisata ini dikelola masyarakat selama yang tergabung dalam kumpulan sadar wisata (pokdarwis) dengan memakai uang tiket muapun parkir guna upaya perawatan sekaligus penambahan kemudahan pendukung lainnya. Kami hendak menjaga Sungai Mudal ini tetap terjaga kelestariannya yang tidak melulu sekadar guna wisata minat khusus, namun sekaligus menjadi wisata edukasi,” papar Rudi.

Wisata Gunung Ijo - Kulon Progo Jogjakarta - YouTube

Wisata Gunung Ijo – Kulon Progo Jogjakarta – YouTube | wisata kulon progo gunung ijo

Rudi menyampaikan, di samping lahan kemping, pihaknya semakin memberbanyak pilihan kegiatan yang dapat dilakukan di Ekowisata Taman Sungai Mudal ini laksana wahana treking dan flying fox akan diperbanyak dengan susur sungai ataupun river tubing nantinya. Taman Sungai Mudal sendiri guna floranya bakal dikembangkan tanaman asli maupun langka nantinya.

“Tidak butuh khawatir, kami menawarkan kemudahan akses internet atau wifi cuma-cuma yang dapat diakses semua pengunjung yang berada di lokasi ekowisata yang hendak langsung mengunggah foto-fotonya ke media sosial. Kami pun menyediakan toilet dan kamar ganti maupun opsi warung-warung yang bersih dan teratur rapi,” ujar Rudi.

Ditambahkan Humas PT PLN (Persero) Area Yogyakarta, Paulus Kardiman yang mengucapkan sebagai di antara pembina ekowisata ini, pihaknya menyokong penuh upaya pengembangannya untuk menambah kesejahteraan masyarakat setempat.

Ekowisata Sungai Mudal ini sudah menjadi binaan PLN melewati Program Bina Lingkungan yang memiliki sekian banyak potensi wisata antara beda pelestarian mata air Mudal, taman sungai, konservasi alam, olahraga, perikanan, outbond, mikrohidro, wisata pendidikan dan sekolah sungai, taman batu sampai area kemping.

“Kami siap menolong pengembangan Ekowisata Taman Sungai Mudal ini sebab melibatkan masyarakat langsung di dalamnya, masyarakatlah yang menjadi empunya dan masyarakat jugalah yang mesti mengelolanya,” jelas Kardiman.

Jarak dari pusat Kota Yogya ke Taman Sungai Mudal tidak cukup lebih 35 kilometer. Dari Tugu Yogyakarta ke arah barat – Perempatan Demak Ijo Ringroad Barat – Jl Godean  – Jembatan Sungai Progo – Jalan Menuju Arah Gua Kiskenda – Pertigaan Gua Kiskenda lurus – pertigaan hutan pinus belok kiri ke arah Kokap – (Di jalur ini telah ada tuntunan arah ke Taman Sungai Mudal)

wisata kulon progo gunung ijo Archives - Sewa Bus Jogja

wisata kulon progo gunung ijo Archives – Sewa Bus Jogja | wisata kulon progo gunung ijo

(Tulisan dan Foto: Fira Nurfiani)

Wisata Kulon Progo Gunung Ijo – wisata kulon progo gunung ijo
| Allowed to be able to our blog, in this particular occasion I’ll demonstrate in relation to keyword. And now, this is the primary image:

9 TEMPAT WISATA DI KULON PROGO JOGJA BARAT

9 TEMPAT WISATA DI KULON PROGO JOGJA BARAT | wisata kulon progo gunung ijo

Why not consider picture previously mentioned? is usually which amazing???. if you believe consequently, I’l d teach you some image again down below:

So, if you’d like to secure these great pics related to (Wisata Kulon Progo Gunung Ijo), click on save button to store these graphics for your laptop. They are prepared for transfer, if you love and wish to obtain it, simply click save symbol in the post, and it’ll be immediately downloaded to your notebook computer.} At last in order to grab new and the latest photo related to (Wisata Kulon Progo Gunung Ijo), please follow us on google plus or book mark this blog, we attempt our best to give you daily up grade with all new and fresh photos. Hope you like keeping here. For some upgrades and latest information about (Wisata Kulon Progo Gunung Ijo) pictures, please kindly follow us on twitter, path, Instagram and google plus, or you mark this page on book mark area, We try to give you up-date periodically with all new and fresh graphics, like your surfing, and find the ideal for you.

Here you are at our website, articleabove (Wisata Kulon Progo Gunung Ijo) published .  At this time we are pleased to announce that we have found an incrediblyinteresting topicto be pointed out, that is (Wisata Kulon Progo Gunung Ijo) Some people attempting to find details about(Wisata Kulon Progo Gunung Ijo) and certainly one of these is you, is not it?

Explore Purworejo: Gunung Ijo Bagelen perbatasan Kab. Purworejo

Explore Purworejo: Gunung Ijo Bagelen perbatasan Kab. Purworejo | wisata kulon progo gunung ijo

9 Tempat Wisata di Kulon Progo Untuk Pencinta Alam

9 Tempat Wisata di Kulon Progo Untuk Pencinta Alam | wisata kulon progo gunung ijo

Wisata Baru di Perbukitan Kulon Progo, ‘Surga’nya Traveler Millennial | wisata kulon progo gunung ijo

Photos of the Wisata Kulon Progo Gunung Ijo

9 Tempat Wisata di Kulon Progo Untuk Pencinta Alam - wisata kulon progo gunung ijoExplore Purworejo: Gunung Ijo Bagelen perbatasan Kab. Purworejo  - wisata kulon progo gunung ijoGunung Ijo Ini Kabarnya Jadi Lokasi Nengok Gunung dan Danau  - wisata kulon progo gunung ijoWisata Gunung Ijo, Cara Asik Menikmati Kulon Progo Dari Atas  - wisata kulon progo gunung ijoWisata Gunung Ijo - Kulon Progo Jogjakarta - YouTube - wisata kulon progo gunung ijowisata kulon progo gunung ijo Archives - Sewa Bus Jogja - wisata kulon progo gunung ijoWisata Baru di Perbukitan Kulon Progo, 'Surga'nya Traveler Millennial - wisata kulon progo gunung ijo9 Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Hits 9 yang Wajib  - wisata kulon progo gunung ijo9 TEMPAT WISATA DI KULON PROGO JOGJA BARAT - wisata kulon progo gunung ijo

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *